Sejatinya hidup adalah ladang amal dan ajang cobaan tak ada seorangpun yang terbebas lepas tangan kekayaan dan kemiskinan wajah buruk dan rupawan masa muda dan tua badan rakyat jelata dan bangsawan semua mengalami tergantung tingkatan keimanan

Begitupun Shinta sang Jelita dari Ayodya istri setia Sang Rama Regawa setelah mengalami derita tersandera puluhan tahun lamanya oleh Rahwanaraja terkungkung dalam sangkar emas dua belas tahun lamanya hingga kemudian suami tercinta menjemputnya setelah membunuh Sang Dasamuka biang angkara cobaan pun masih dialaminya kesetiaannya diragukan gurulakinya Ramawijaya hingga kemudian harus dibuktikan sejatinya cinta lewat Shinta obong nan membuat sesiapa berderai air mata lantaran merasakan derita cinta teraniaya
Namun ... lantas kah kemudian bahagia selamanya mengiringi kehidupan meraka?
Tidak !,  hanya sebentar dirasakan suka bahagia harusnya memang tercipta saat bersanding dengan orang tercinta bertabur kasih sayang berselendang nikmat membara apalagi setelahnya terdengar kabar gembira ..... ya ... Shinta tlah hamil muda ternyata siapakah yang tak harap buah hati hadir di dunia ?

Sumber petaka berawal pada suatu hari saat sidang paripurna raja dan para mentri membahas kemakmuran rakyat dan kemulyaan negri Ayodya diharapkan menjadi gemah ripah loh jinawi tengah sidang berlangsung serius diliput televisi tiba tiba terdengar jerit tangis menyayat hati suara tangis seorang wanita di paseban jawi beradu argumen dengan prajurit memaksakan diri tuk menghadap Sang penguasa negri

Ternyata mereka sepasang suami istri dari desa Ki Angga dan Nyi Angga begitu biasa disapa Rama kemudian memperkenankan masuk istana menemui mereka menghadap hendak tahu mengapa begini dialog jelata dengan rajanya Maka bertanyalah Raja Ayodya kepada Nyi Angga

“Jeritanmu sungguh sangat keras hingga terdengar olehku dan para mentri di dalam istana. Apa yang membuatmu menangis dan menjerit seperti itu ?”

Dengan masih sesenggukan Nyi Angga menjawab kelu

“Mohon ampun Yang Mulia, hamba meminta keadilan Paduka. Hamba diperlakukan tidak adil oleh suami sebab dicurigai bertubi tubi”

“Apa yang menyebabkan suamimu menaruh curiga ? Apakah engkau berlaku serong ?”

“Sungguh suatu hal yang sama sekali hamba tidak pernah lakukan hal itu. Jangankan melakukan, berfikir untuk serongpun tidak pernah terbersit dalam benak hamba”

“Lantas hal apa yang menyebabkan suamimu tak hilang kecurigaannya ?”

“Suatu hari hamba pergi menengok orang tua lantaran sudah rindu tlah lama tak berkunjung. Namun sungguh tak dinyana, ternyata ibu hamba yang telah renta terbujur lemah di amben karena sakit. Bapak hamba pun telah renta dan terlihat kerepotan mengurus istrinya. Oleh karenanya kemudian hamba memutuskan untuk menginap agar dapat melayani mereka supaya lekas sembuh seperti sedia kala. Rumah orang tua hamba cukup jauh dari kota dan terpencil, sehingga hamba tidak bisa menghubungi suami hamba untuk mewartakan keadaan hamba”

“Apakah engkau telah minta ijin kepada suami sebelumnya ?”

“Tentu Yang Mulia, hamba minta ijin menjenguk orang tua di kampung selama satu hari dan tidak menginap. Karena tidak menyangka orang tua dalam keadaan sakit maka akhirnya hamba baru pulang ke rumah seminggu kemudian. Hamba telah menjelaskan berulang kali hal tersebut kepada suami hamba namun dia sungguh keras kepala. Tetap saja dia mengumpat dan menuduh saya berlaku serong, menyeleweng dan tidak suci lagi. Bahkah dia mengatakan dengan jumawa bahwa Ki Angga bukanlah Sri Rama, yang begitu saja menerima permaisurinya yang puluhan tahun disekap dalam sangkar emas Ngalengka diraja. Bahkan suami saya berkata bahwa seorang lelaki sejati pabila mengetahui istrinya meninggalkan rumah tanpa ijin sehari saja, maka sudah patut dijatuhi hukuman pukul kalau perlu talak tilu”

Dengan gelisah dan wajah memerah Sri Rama Bergawa memutar lehernya menuju Ki Angga berada seraya bertanya

“Benarkah apa yang dikatakan istrimu itu, Ki Angga ?”

Namun sungguh berani Ki Angga menjawab pertanyaan rajanya itu dengan jawaban yang tegas dan tanpa takut sedikitpun

“Benar Gusti. Bahkan menurut asumsi saya berdasarkan riset dan hasil diskusi berbagai kalangan di warga Ayodya, ternyata sebagian besar rakyat menyangsikan kesucian Gusti putri Shinta”

Dengan rasa penasaran dan mangkel Sri Rama menyanggahnya

“Tapi bukankah Gustimu Shinta telah dibuktikan kesuciannya lewat hukum bakar ?”

“Benar Yang Mulia, namun yang menyaksikan peristiwa itu bukankah hanya Paduka, adik Paduka Laksmana serta seekor kera putih. Mana bisa kera dipercaya. Bahkan hal tersebut telah menjadi bahan diskusi dan pergunjingan di antara rakyat Paduka”
Ucapan terakhir Ki Angga bak palu godam memukul dengan keras dada Sang Narendra. Seketika mukanya memerah menahan kesal dan amarah.


Sigra muntab lir kinetab, duka yayah sinipi jaja bang mawinga wengis Netra kocak ngondar-andir Idepnya mangala cakra mrebabak wadananira pindha kembang wora-wari bang

Sementara para prajurit yang berjaga di sekitar ruang sidang rasanya sudah ingin segera menyeret dan merajangnya lantaran kesal akan mulut tajam dan tak tahu dirinya Ki Angga. Namun perintah tiada kunjung datang.

Sri Rama masih duduk diam tak bergerak. Entah apa yang tengah bergejolak di dadanya. Amarah, rasa malu, ragu, sesal, penasaran, galau mengharu biru pikiran, berbaur mencipta perasaan tak menentu. Sementara seluruh peserta sidang paripurnapun tiada berani berucap walau sepatah.

Sunyi … sepi …. mencekam …
Beberapa saat kemudian, Sri Rama yang berpengetahuan luas dan berfikir global mampu menetapkan hati bahwa tidak ada yang serba “kebetulan” terjadi di dunia ini. Semua kejadian adalah atas Kehendak dan KuasaNYA, Tuhan semesta alam. Meskipun semburat kebimbangan masih tersirat di dasar hatinya, namun ditetapkan untuk menghapuskanya saat ini. Tak peduli lagi dia akan persidangan agung dengan para mentri, tak di hiraukan lagi Ki Angga yang masih duduk bersimpuh di tanah bersama istrinya yang masih tertunduk sedih, maka Sang Nata kemudian beranjak pergi menuju tempat peristirahatan di dalam istana.

Begitu punggung rajanya telah menghilang selepas pintu, tanpa dikomando geremengan laksana suara tawon keluar dari mulut para hadirin yang memenuhi ruangan yang sebelumnya sepi. Saling bisik antara mereka membicarakan peristiwa yang terjadi. Tak sedikit dari mereka asyik merangkai kalimat berdebat antar mereka dalam memperkirakan apa yang bakal terjadi kemudian. Engkel-engkelan, menang-menangan, sok-sokan merasa dirinya paling pintar menganalisa dan meramal. Bahkan kemudian ada yang nyaris baku pukul lantaran beda pendapat terhadap prediksi yang disampaikan. Lha wong ramalan kok diperebutkan kebenarannya … dasar punggawa picik tak berguna !

Lantaran asyik dengan kesibukan masing-masing mereka tidak memperhatikan saat kemudian Ki Angga beringsut menuju pintu keluar seraya menggandeng tangan istrinya. Tak ada lagi sikap membenci kepada istrinya, seakan masalah yang disampaikan kepada Sri Rama tadi telah terselesaikan dengan sendirinya. Solusinya adalah hati lega karena masalah telah disampaikan, hati senang karena gunjingannya mampu mempengaruhi jiwa rajanya. Dia yakin bahwa setelah ini maka peristiwa tadi bakal menjadi trending topic di seantero negrei. Dan setelah melewati gapura kraton maka dengan mesra digandengnya tangan Nyi Angga untuk dibawa pulang ke rumah dengan wajah tersenyum seraya menyenandungkan langgam.

Ternyata perkataan Ki Angga tidak bisa menghilang begitu saja di pikiran Sri Rama. Meskipun hati kecilnya menyanggah kebenarannya, namun tetap saja ego selaku seorang laki-laki sekaligus sebagai suami, ditambah kedudukannya sebagai Ayodya 1 serta gelarnya sebagai titisan Wisnu dewa paling sakti di antara anak anak Bathara Guru, membuat keraguan akan kesucian Shinta istrinya muncul kembali. Perkataan Ki Angga bahwa seluruh rakyat Ayodya menyangsikan kesucian Shinta seolah menjadi legitimasi atas prasangka itu. Kembali jiwanya goyah !

Laksmana yang melihat kondisi kakaknya seperti itu, segera mendekati untuk menenangkannya. Laksmana adalah satu satunya orang yang mengerti betul Rama Wijaya. Sejak masih bocah, hingga dewasa Laksmana selalu bersama dan mengikuti kemana kakaknya berada. Bermain selalu bersama, belajar olah kejiwaan dan olah kanuraganpun dengan guru yang sama. Bahkan saat kakaknya Rama dan kakak iparnya Shinta terbuang di hutanpun, hanya Laksmanalah yang mengiringinya. Laksmanalah yang selalu menghibur Rama dikala rindu kepada istrinya yang diculik oleh Rahwanaraja. Laksmanalah yang selalu menguatkan kakaknya untuk terus berusaha merebut Shinta dari genggaman Raja Alengka itu. Suka duka Rama adalah suka dukanya juga. Tak heran Laksmana sangat detil tahu apa yang tengah terjadi dalam benak dan hati kakaknya.

"Oh ... Dewata yang Agung, mengapa semua ini terjadi. Dikala hambaMu ini tengah merasakan ketenangan dan kebahagiaan, mengapa Engkau timpa dengan masalah yang sungguh pelik ini” tak kuasa derai air mata mengiringi keluh kesah Sang Raja Ayodya seraya kemudian merangkul adiknya terkasih.

“Sungguh tak aku duga bahwa diriku menjadi cacian dan bahan tertawaan seluruh rakyat yang aku pimpin. Sungguh memalukan, seorang raja memberi contoh yang tidak benar kepada rakyatnya”

Laksmana yang mendengar keluh kesah kakaknya, kemudian menghibur dan sekaligus memberikan pandangan

“Duhai Kangmas, janganlah engkau percaya sepenuhnya kepada kata-kata orang yang tidak bertanggung jawab itu”

“Tapi perkataan Ki Angga sungguh tepat, Dimas. Akupun merasa bahwa itu adalah sebuah kebenaran belaka”

“Berarti Kangmas sebelumnya masih memiliki keraguan akan kesucian Mbakyu Shinta meskipun sudah terbukti saat hukum obong itu ?”

“Sepertinya demikian, Adikku. Sungguh dua belas tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk seorang wanita dapat mempertahankan kesuciannya. Dapat aku bayangkan bahwa setiap hari dia dibujuk, dirayu dan digoda oleh Rahwana. Ibarat kata pepatah, sebuah batu karangpun lama lama akan berlubang manakala setiap detik ditimpa oleh setitik air dari atasnya. Apakah dinda Shinta masih kuat mempertahankannya ?”

“Duhai Kangmas Prabu, janganlah beribu prasangka mengangkangi pikiran Kanda. Tenangkanlah jiwa Kangmas agar dapat berfikir dengan jernih dan bijak. Dan yang mengetahui dalam hati Mbakyu Shinta tentu Kanda sendiri. Janganlah engkau diombang ambing oleh serba kekawatiran dan hal hal yang tidak pasti, sebab yang sudah pasti adalah bahwa kesucian Mbakyu telah terbukti kebenarannya karena tlah kita saksikan sendiri. Apakah kakang percaya pada gossip dan berita sampah yang keluar dari mulut busuk Ki Angga tadi ? Apakah Kangmas lebih percaya kepada kabar yang beredar dengan validitas kesahihan patut dipertanyakan daripada dengan kesetiaan Mbakyu Shinta yang telah terbukti secara empiris?”

“Tidak mungkin adikku, aku percaya apa yang dikatakan Ki Angga itu benar adanya”

Dan Laksmana sadar bahwa segala masukan dan bujukan yang disampaikan kepada kakaknya akan sia sia belaka. Dia mengerti betapa “keras kepala” kakaknya itu meskipun tutur katanya begitu lembut. Kalau sudah meyakini terhadap sesuatu hal, maka tak ada seorangpun yang mampu mengubahnya. Laksmana sudah pasrah dan tinggal menanti suatu keputusan besar yang bakal terjadi.

“Adikku Laksmana, sekarang dengar dan turuti semua perintahku !” Rama melepaskan rangkulan adiknya

“Ya Kanda”

“Sekarang juga jemputlah Mbakyumu Shinta dan kemudian bawalah dia ke tengah hutan dan tinggalkanlah dia di sana bersendirian. Biarlah alam yang akan memberikan keputusan dan keadilan”

“Tapi Kang …”

“Tidak ada tapi-tapian ! Laksanakan perintahku segera !”

Remuk redam perasaan Laksmana mendengar perintah Sang Rama. Sungguh tak difahaminya pola pikir kakaknya itu. Apakah harus begini menjalani hidup ? Selalu tercipta dilemma dan opsi yang harus dipilih agar terus hidup ? Dan tidak memilihpun adalah sebuah pilihan. Apakah mengatas namakan pendapat banyak orang adalah suatu kebenaran ? Pada kenyataannya kebenaran tidak selalu ditentukan oleh seberapa banyak orang yang meyakini dan mengamininya. Sri Rama terpengaruh oleh kata kata Ki Angga bahwa seluruh rakyat Ayodya mencurigai kejujuran Shinta, namun bukannya menyanggah dan membuktikan bahwa hal tersebut tidak benar, malah dia memberi stempel “OK” bahwa dugaan itu memang benar adanya bukan hanya sekedar hasil rekayasa pikiran merangkai kejadian dan membuat estimasi sebab akibat secara imajiner. Dan memang tepat dugaan Laksmana akan kebimbangan yang masih mendekam di hati kakaknya Sri Rama tentang kesucian istrinya. Hal itulah yang kemudian terungkit lagi oleh “fakta” yang diungkap Ki Angga, seakan menjadi sebuah sebab untuk muncul kembali seperti pada peristiwa menjelang Shinta obong.
Hendak menuju kemana kita, Dimas ?” suara lembut wanita memecah keheningan hutan siang itu.


Wanita itu duduk di pelana kuda dan disampingnya seorang pria mendampingi dengan berkuda juga.

Duhai … sungguh jelita wanita berkuda itu. Wajahnya putih bersinar memancarkan perbawa keagungan laksana bathari kahyangan turun ngejawantah ke darat. Meskipun tiada senyum yang tersungging di wajahnya yang bak rembulan, namun sungguh siapapun yang memandang niscaya terpesona akan keindahannya.

Matanya memendam sebuah tanya yang sedari tadi hendak diucapkan kepada pria di sebelahnya yang mengiringinya. Sementara pria itu hanya tertunduk kelu, wajah muram menyimpan duka. Sepanjang perjalanan mulut terkunci tiada satu katapun terucap. Benar dia berjalan berkuda, namun pikirannya melayang mengembara mengenang kenang perjalanan hidup bersama wanita di sebelahnya yang tiada lain adalah kakak iparnya.

Ya … pria itu adalah Laksmana, sedangkan perempuan itu adalah Dewi Shinta istri Rama Wijaya raja Ayodya.

Ungkapan tanya lembut Shinta, seakan membangunkan Laksmana dari mimpi tak mengenakkan. Dan dengan tergagap dia menjawab

“Oh … kita telah sampai, Kanda Dewi. Marilah aku bantu mbakyu turun dari kuda itu” bergegas Laksmana meloncat dari kudanya dan segera membantu Sang Putri turun dari kudanya.

Setelah menginjak tanah maka Dewi Shintapun berjalan di tempat yang agak lapang dan kemudian tangannya ngawe ke Laksmana dengan maksud untuk berjalan mendekat.

“Sekarang engkau jelaskan dengan sedetil-detilnya mengapa aku dibawa kesini hanya olehmu. Mengapa Kanda Rama tidak ikut serta bersama kita. Jangan engkau katakan bahwa kakakmu sedang sibuk ngurus negara ataupun ada kegiatan penting yang lainnya sehingga tiada waktu untuk bersamaku. Dia telah tahu bahwa aku tengah mengandung anaknya. Tidak mungkin tega membiarkanku melakukan perjalanan jauh seperti ini. Tentu ada alasan kuat sehingga hanya menyuruh engkau saja menemaniku. Sengaja aku tidak bertanya tentang itu sepanjang perjalanan tadi karena kulihat wajahmu begitu gelap menyimpan rahasia yang sepertinya sangat membebanimu. Jujurlah, Dimas !”

Mendengar ketenangan Shinta dalam mengungkapkan isi hati, membuat hati Laksmana semakin terkoyak. Dewi Shinta telah dianggap sebagai kakaknya sendiri yang begitu dihormati dan disayangi. Tak kuasa airmata Laksmana mengalir pelan. Dipandangi sosok di depannya itu dengan penuh welas asih

Surem … surem …surem diwangkara kingkin, lir manusa kang layon, denya ilang ingkang memanise, wadananira layung, kumel kucem rahnya maratani

Suram … sungguh suram suram cahya sang surya bersedihlaksana manusia yang tlah mati lantaran tlah hilang indahnya bahagia jiwanya merana badannya layu duka derita meyelubungi jiwa raga

“Kanda Dewi, mohon ampun atas ketidak mampuanku mempengaruhi suamimu dalam memutuskan masalah ini. Adikmu ini telah berusaha sekuat tenaga menyadarkan Kanda Rama untuk memberikan keputusan yang benar sesuai dengan hati nurani dan jiwa kemanusiaan. Namun apa daya, segala kewenangan ada dalam genggaman suamimu. Aku diperintahkan oleh Sri Rama untuk … untuk …”

Tak kuasa Laksmana melanjutkan kata-katanya, sesak dadanya menahan gejolak duka yang menguasai hatinya. Namun di pihak lain, Dewi Shinta terlihat begitu tenang menghadapi situasi seperti ini

“Berterus teranglah Adikku, kakakmu ini telah siap menerima segala yang telah menjadi ketetapan suamiku sebagai raja Ayodya. Penderitaan telah menjadi teman yang sangat akrab denganku. Ingatkah engkau, tiga belas tahun lamanya kita hidup terlunta di hutan Dandaka. Menjalani pembuangan sekian lama membuat jiwaku semakin kuat. Ditambah lagi kemudian selama dua belas tahun, aku berada dalam sangkar emas si Rahwanaraja. Jangan dikira aku hidup nikmat di sana. Taman Argasoka memang sebuah taman yang indah bak tamannya para Dewata, namun jiwaku terpidana, cintaku terkurung oleh ruang dan waktu lantaran tak bersanding dengan cinta sejatiku yaitu diri suamiku. Jangan engkau kira aku diam saja di kurungan emas itu. Setiap hari cundrik selalu menemaniku dimanapun aku berada. Hal itu aku lakukan untuk mengabarkan kepada si Keparat itu bahwa apabila dia menyentuh kulitku sedikit saja, maka cundrik segera aku hunjamkan di ulu hatiku. Dua belas tahun penuh kekawatiran, dua belas tahun tidak nyeyak tidurku, dua belas tahun jiwaku tiada pernah tenang, dan itu membuat jiwaku semakin kuat mengeras. Oleh karenanya, berterus teranglah, Adikku !”

Laksmana mendongakkan kepalanya kembali dan dengan dikuatkan hatinya maka berkatalah dia melanjutkan kalimat yang belum selesai tadi

“Aku diperintahkan oleh suamimu untuk … membuangmu di hutan ini” lirih suara Laksmana namun bagi Dewi Shinta laksana bunyi halilintar di siang hari bolong. Seketika wajahnya memucat, namun tidak lama kemudian dia telah mampu menguasai hatinya. Dihirupnya dalam dalam udara segar di hutan ini, dan kemudian dengan pelan pelan dihembuskan lewat mulut nafas hangatnya. Dilakukan hal itu tiga kali untuk menenangkan emosi dan mengatur keseimbangan jiwanya.

 “Baiklah, adikku. Aku tidak akan bertanya kepadamu mengapa suamiku tega memerintahkan perbuatan kejam seperti ini. Aku menduga tentu ada kaitannya dengan peristiwa tahun lalu. Bukankah dia dan engkau telah menyaksikan sendiri bukti kesucianku di tengah api yang membakar jasatku ? Apakah engkau percaya itu adikku ?”

“Saya percaya seratus persen, Kanda Dewi !”

“Lalu mengapa suamiku sendiri tidak percaya ?”

“Itu semua karena mulut busuk dari Ki Angga”

“Aku tidak menyalahkan Ki Angga ataupun siapa saja yang meragukan kesucianku karena mereka tidak menyaksikan sendiri buktinya. Mereka hanya merangkai sebuah kejadian dari kabar yang diterima walau tidak tahu validitas kebenarannya. Mereka kemudian menyimpulkan rangkaian cerita berdasarkan asumsi asumsi pemikiran logis menurut mereka atau mungkin malah hanya berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya pribadi. Biarlah hal itu terjadi karena memang kapasitas dan kapabilitas pemikiran mereka hanya sampai disitu. Namun mengapa kakakmu, yang adalah seorang terpelajar, seorang raja besar, seorang satria utama bahkan menurut orang adalah titisan Dewata, mempunyai pemikiran dan pandangan yang sama dengan kaum awam ?”

“Adikmu ini telah berusaha mengingatkannya, Kanda Dewi. Namun semuanya sia sia belaka. Tentu Kanda tahu bagaimana sifat kakakku”

“Aku percaya, Laksmana. Baiklah, sebagai adik yang baik segeralah engkau tinggalkan aku di sini sesuai dengan perintah yang diberikan oleh Sri Rama kepadamu”

Dengan perasaan campur aduk, Laksmana memandang sekali lagi sosok agung di depannya itu. Rasa hormat dan kagum semakin membuncah kepada istri kakaknya itu. Dewi Shinta terlihat begitu tenang, begitu tegar dan penuh keyakinan serta waskita dalam bertutur dan bersikap.

“Lalu bagaimana dengan Kanda Dewi nanti ?”

“Tidak usah cengeng ! Aku tidak bersendirian di sini, ada Tuhanku yang akan menemani dan menolongku. Cepatlah segera tuntaskan tugasmu !”

Dengan kesedihan yang masih menggumpal, Laksmana kemudian menaiki kudanya seraya mengucapkan kata perpisahan

“Tuhan akan selalu melindungimu, Kanda Dewi. Setiap saat aku akan berdoa atas keselamatan dan kebahagiaanmu. Jagalah dirimu baik baik”


Sepeninggalan Laksmana, barulah Sang Dewi menumpahkan segala beban beratnya. Air matanya mengalir deras memikirkan perlakuan suami terhadap dirinya. Namun tidak terdengar ratapan menyesali nasib buruk yang menimpa. Jiwanya telah kebal terhadap penderitaan. Nyaris sepanjang hidupnya diliputi oleh cobaan hidup yang tiada henti. Kisah hidupnya adalah kisah kesedihan dan nestapa. Mungkin hanya sepenggal episode kehidupan dimana dia merasakan bahagia seutuhnya, dia pernah rasakan.

Sore menjelang, namun di tengah hutan telah gelap gulita. Di bawah sebuah pohon yang tinggi besar dan menjulang, sosok perempuan itu bersimpuh dalam diam. Badannya diam mematung seperti tugu sinukarta. Mata indahnya terpejam, bulu matanya yang lentik terlihat basah bekas tangisan. Dadanya sesekali bergerak pelan mengikuti isak kesedihan.

Duhai … sungguh kasihan nasib putri agung ini bersendirian dalam hutan yang sunyi tega nian sang gurulaki menetapkan hukuman hanya karena ego diri mencampakkan cinta menyiksa istri sendiri akankah alam dapat menjadi saksi kesucian cinta dan harkat diri hakiki duhai Sang Putri …tetaplah bijak bestari

dhêdhêp tidhêm prabawaning ratri
sasadara wus manjêr kawuryan
tan kuciwa mêmanise
mênggêp srinatèng dalu
siniwaka sanggyaning dasih
aglar nèng cakrawala
winulat ngalangut prandene kabèh kèbêkan
saking kèhing taranggana kang sumiwi
warata tanpa sêla

Sunyi senyap sepi menhadirkan malam nan agung
Bulan tlah menampakan diri bersinar terang
Alangkah indahnya tiada mengecewakan
Terlihat gagah Sang raja diraja malam itu
menghadirkan segala cinta dan harapan terhampar di atas cakrawala
terlihat hampa tak bertepi
namun nyatanya semua tlah penuh sesak oleh bintang gemintang
nan berbinar merata sinarnya tanpa sela


Derita yang telah terjadi tak perlu disesali menangislah tuk mengurangi beban berat diri namun meratap tidaklah boleh harus dihindari apalagi menyiksa diri meminta mati hanya satu yang harus dilakoni kepada Tuhanmu engkau berserah diri berharap limpahan kasihNya mohon petunjuk Ilahi niscaya ketenangan bakal dinikmati dan semangat hidup trus terpatri demikian yang slalu diingat Sang Dewi petuah Sang Ayah Prabu Janaka raja Mantili

Menangis sedih Rekyan Shinta mengenang ayahnya nan jauh di Mantili. Ingin rasanya saat ini duduk bersimpuh di kaki ayahnya yang sangat lembut dan bijak mengasihinya. Ingin rasanya dia merasakan damai dalam pelukan ibunya dan merasakan getar kasih sayang yang sejati kala tangan lembut sang ibu membelainya. Namun ia kemudian tersadar bahwa semua keinginan tadi hanyalah godaan agar dia terbuai dalam bayangan semu belaka. Yang dihadapinya kini adalah saat ini ! Di hutan ini ! Bersendiri dalam suasana sepi mencekam dan gelap pekat lantaran bintang gemintang dan dan Sang Chandra tertutup oleh lebatnya hutan.

Sungguh betapa berat takdir yang disandangnya, namun Sang Putri telah sadar bahwa mengenang segala keindahan yang diinginkan, saat ini adalah perbuatan yang tak berguna dan membuang-buang waktu. Yang haruslah dilakukan saat ini adalah meminta pertolongan Sang Pencipta Alam Semesta dan berharap petunjuk dan Ilham yang bakal menerangi jalan yang bakal ditempuh selanjutnya.

Maka berbenahlah Dewi Shinta menuju kepada Tuhannya. Dimeramkan matanya dan selintas seolah terdengar jelas, sosok Sang Janaka berkata kata lembut

“Petunjuk atau ilham tidak kasat mata, tidak bisa dilihat dan dirasakan oleh panca indra manusia. Ilham merupakan wujud kelimpahan rahmat dan pencerahan Tuhan kepada seseorang sehingga orang yang menerimanya dikatakan hidupnya akan sejahtera lahir dan batin. Ilham dimaknai akan mampu merubah sikap dan watak seseorang mengarah kepada kebaikan, kesuksesan, dan kemasyhuran yang berguna bagi sesama. Namun perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, perubahan tersebut merupakan hasil dari sebuah laku, sebuah olah batin. Laku batin yang dapat engkau perbuat adalah dengan bertapa, berpuasa, berpantang, mengurangi tidur, mengurangi keinginan-keinginan duniawi, melakukan perjalanan spiritual dan sebagainya. Itu semua merupakan wujud kesungguhan dari usaha manusia dalam mendapatkan apa yang diinginkan dan dicita-citakan”

Seperti didengarnya lagi

“Ketika batin seseorang tunduk dan bergerak dengan dibarengi laku, maka bakal menimbulkan energi berkekuatan magnet yang mampu menarik dan menyerap energi alam semesta. Semakin intens laku batin seseorang, maka akan semakin cepat putaran yang digerakkan hingga akan semakin kuat pula daya magnetisnya dalam menyedot energi alam semesta. Maka jalankanlah laku itu dengan engkau bertapa dan mengheningkan cipta seraya berharap berkah Tuhan dapat engkau raih”

Semakin mantab Sang Putri terbuai dalam nikmatnya bersapa dengan Yang Maha Agung. Semakin tenang jiwa dirasakan, tak ingat lagi bahwa saat itu dia tengah berada di hutan di tengah malam bersendirian. Dan kata-kata semangat dari ayahnya seperti membimbingnya semakin tunduk dan berserah

“Shinta anakku ! Menjalani hidup di dunia ini laksana tengah belajar dalam sebuah madrasah agung yang bernama kehidupan. Dan layaknya setiap madrasah maka akan selalu ada ujian-ujian untuk mengevaluasi seberapa dalam kita mampu menyerap nilai-nilai pembelajaran itu. Dan untuk menggapai sukses dalam meraih tujuan yang engkau inginkan, maka harus engkau ingat tiga hal. Yang pertama adalah Kekuatan Tekad, Determinasi untuk membebaskan diri dari keterikatan dunia. Mulai singkirkanlah keinginan-keinginan duniawi yang sepertinya indah dipandang mata, nikmat dirasakan, namun pada kenyataannya hanyalah fatamorgana belaka. Bukan berarti kita anti terhadap kesenangan-kesenangan duniawi, namun dalam menyikapi dan menggunakannya, haruslah sewajarnya saja. Kata orang bijak, dunia harus mampu engkau genggam dan kendalikan, jangan sampai sebaliknya, dunia yang mengendalikannmu.”

“Yang kedua adalah kekuatan pemahaman, mengembangkan keahlian dan pengetahuan. Ingat Shinta bahwa diperlukan kerja keras dan cerdas dalam menuntut ilmu. Juga konsistensi atau ke-istiqomah-an. Ilmu adalah wahana yang luas tanpa batas. Tak akan mampu engkau meraih semua yang engkau inginkan, namun bersikap ‘serakahlah’ engkau dalam mencari ilmu. Jangan beranggapan telah cukup dan merasa puas bila telah bisa melakukan sesuatu karena ilmu Tuhan berada di setiap sudut alam ini dan juga di setiap inci dirimu sendiri. Upaya mencari ilmu harus engkau lakukan kapan saja setiap waktu bahkan saat ajal kan menjemput. Dan yang ketiga adalah Power of Action, melaksanakan semuanya dengan keceriaan dan keikhlasan. Sebarlah ilmu kesiapa saja yang menginginkan. Berbagilah ! Jangan ada niat menyembunyikan ilmu hanya untuk diri sendiri. Manusia yang terbaik adalah orang yang mampu memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Ingat Shinta, selalu berbuat baiklah dan selalu berbagilah dengan ilmu yang kita miliki. Dengan engkau lakukan hal itu, maka ilmumu tiada akan berkurang malah akan terus bertambah dan juga akan membuat dirimu semakin bijaksana dalam menyikapi dan menjalani hidup dan kehidupan di dunia ini”

Malam semakin sepi
Shinta semakin asyik dalam samadi
tak dirasakan penderitaannya lagi
tak dipikirkan susah hati
kepada Tuhannya tlah diserahkan nasib diri
kepada Ilahi tlah dipasrahkan apa yang bakal terjadi
segala keinginan duniawi adalah nisbi
keselamatan dunia dan alam baka sudah pasti

Kepasrahan jiwa justru mencipta energi luar biasa
alam semesta meresponnya seketika
sinyal sinyal kasih sayang meyebar merata
ke segala pelosok di penjuru dunia
atas kendali Sang Penguasa Semesta
bakal tersambung kepada pemilik frekwensi yang sama

Nun di Wismaloka pertapaan Resi Walmiki
saat sang resi tengah bermeditasi
terlihat olehnya keberadaan Shinta sang dewi
tlah faham sang begawan apa yang terjadi
dipanjatkan doa kepada Suksma Sejati
tuk segera berada di dekat sang Putri
sumber : paguyuban pecinta wayang